RADJA BONTANG LOKET PEMBAYARAN RESMI ONLINE ( PPOB )DAN TRAVEL AGEN (TICKETING ONLINE) KOTA BONTANG KELURAHAN GUNTUNG JL.TARI JEPEN RT-12 N0.10 BONTANG UTARA HP: 08125510501 SMS Only /085250203342 /085247881032

Sabtu

GAS CO

Gas CO diketahui sangat beracun, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Sifat-sifat tersebut menjadikan gas CO sebagai pembunuh diam-diam. Kehadirannya bak hantu di malam gelap. Terkadang gas CO dapat berikat dengan gas lain yang berbau. Akan tetapi, tetap saja keberadaannya tidak dapat disadari. Gas ini hanya akan memperlihatkan gejala-gejala nyata yang memengaruhi kondisi kesehatan kita.
Gas CO merupakan bahan yang umum ditemui di industri. Gas ini merupakan hasil pembakaran tak sempurna dari gas alami dan material lain yang mengandung karbon seperti bensin, minyak tanah, pelumas, propana, batubara, dan kayu. Jangan salah, pembakaran dari tungku arang di rumah-rumah juga menghasilkan gas CO. Namun, sumber yang paling umum berupa residu pembakaran mesin.

Keberadaan gas ini akan sangat berbahaya jika terhirup oleh manusia karena gas itu akan menggantikan posisi oksigen yang berikatan dengan haemoglobin dalam darah. Gas CO akan mengalir ke dalam jantung, otak, serta organ vital lainnya yang seharusnya dialiri oksigen.
Ikatan antara CO dan haemoglobin membentuk karboksihaemoglobin yang jauh lebih kuat 200 kali dibandingkan dengan ikatan antara oksigen dan haemoglobin. Akibatnya tentu sangat fatal. Pertama, oksigen akan kalah bersaing de-ngan CO saat berikatan dengan molekul haemoglobin. Ini berarti kadar oksigen dalam darah akan berkurang. Padahal seperti diketahui, oksigen sangat diperlukan oleh sel-sel dan jaringan tubuh untuk melakukan fungsi metabolismenya.
Kedua, gas CO akan menghambat kompleks oksidasi sitokrom. Hal ini menyebabkan respirasi intraseluler menjadi kurang efektif. Terakhir, CO dapat berikatan secara langsung dengan sel otot jantung dan tulang. Efek paling serius adalah terjadi keracunan secara langsung terhadap sel-sel tersebut, juga menyebabkan gangguan pada sistem saraf.
Dampak keracunan CO
Keracunan gas CO dalam jumlah banyak akan membuat kita mengalami berbagai hal mengerikan hanya dalam hitungan menit. Mulai dari hilang kesadaran hingga mati lemas. Selain merasakan sesak nafas, hal yang biasa dialami saat keracunan CO yakni sakit kepala, rasa lelah yang amat sangat, pusing, serta mual-mual. Sakit dada mendadak juga dapat muncul pada orang yang menderita angina pectoris (nyeri dada).
Dampak keracunan CO ini dapat semakin memburuk. Penderita akan meng-alami muntah-muntah, kebingungan, kehilangan kesadaran, serta otot-otot menjadi lemah. Sebagai gambaran, gas CO pada kadar rendah yang setara dengan 20% tingkat saturasi haemoglobin dalam darah, pertama kali akan memperlihatkan gejala sakit kepala, pusing, sakit perut, dan mual.
Sedangkan tingkat saturasi haemoglobin sebanyak 20-40% akan menimbulkan gejala kebingungan dan kelemahan pada otot-otot tubuh. Pada tingkat saturasi haemoglobin yang mencapai 40-60% aki-batnya bisa sangat fatal. Gejala yang timbul dari mulai hipotensi, koma, kejang-kejang sampai menimbulkan kematian! Tanda keracunan CO yang mudah terlihat adalah terjadi perubahan warna pada kulit. Kulit bisa terlihat kemerah-merah-an atau justru terlihat kebiruan (gejala sianosis) karena sel-selnya kekurangan oksigen.
Orang yang mengalami keracunan gas CO dapat mengalami kerusakan permanen pada bagian tubuh yang memerlukan oksigen cukup banyak seperti otak dan jantung. Termasuk, saluran reproduksi yang dapat menyebabkan kematian janin atau menurunkan tingkat fertilitas.
Dampak keracunan CO ini sangat beragam pada tiap orang. Keracunan CO biasanya dapat muncul dengan sangat cepat tanpa diduga sebelumnya, terutama pada anak-anak, orang tua, orang yang menderita penyakit paru-paru dan jantung, atau perokok berat.
Bisa juga, keracunan menimpa orang yang tengah berada di tempat ketinggian, saat kadar oksigen sangat tipis. Racun CO bisa berdampak paling parah pada janin yang tengah dikandung. Janin dan bayi lebih rentan terkena keracunan gas CO karena afinitas CO pada haemoglobin janin lebih tinggi dibandingkan dengan afinitas pada haemoglobin orang dewasa.
Terdapat sejumlah pekerjaan yang memiliki risiko tinggi mengalami keracunan gas CO. Selama ini kita mengenal bahwa orang-orang yang selalu berhubungan dengan asap kenalpot kendaraan adalah yang paling berisiko. Sejumlah profesi di jalanan seperti polisi lalu lintas, tukang parkir, gelandangan, hingga sopir angkutan umum hampir dipastikan akan selalu menghirup kandungan CO setiap harinya.
Namun, ternyata sejumlah profesi lain yang tak berhubungan dengan jalanan juga ternyata memiliki risiko yang tak kalah tinggi. Seperti, para pekerja di ruang boiler, tempat pembuatan bir, bengkel, penyulingan minyak, pabrik pulp dan kertas, serta pabrik baja. Risiko yang tinggi juga dapat ditemui pada pekerja pelabuhan, pemadam kebakaran, serta operator mesin diesel.
Proses keracunan CO dapat melalui inhalasi secara langsung (CO berupa gas) serta kontak terhadap mata atau kulit (gas CO yang telah terlarut dalam cairan). Untuk mengetahui tingkat toksisitas gas CO terhadap tubuh, berbagai penelitian toksikologi telah dilakukan sejak lama. Penelitian dilakukan pada hewan maupun manusia.
Efek pada hewan
Seperti dijelaskan sebelumnya, gas CO di dalam darah akan berikatan dengan haemoglobin membentuk karboksihaemoglobin. Hal ini menyebabkan jumlah kandungan oksigen yang seharusnya didistribusikan ke tiap jaringan tubuh menurun. Penelitian yang dilakukan National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) tahun 1993 mengenai letal konsentasi (LC) 50 pada tikus adalah 1807 ppm (part per million) selama empat jam. Kadar karboksihaemoglobin dalam tubuh sebanyak 5% dapat meningkatkan derajat myocardial ischemia yang berhubungan dengan acute myocardial infraction pada anjing.
Pada kera rhesus dengan tingkat keracunan CO yang sangat parah, kematian akan muncul sebagai akibat dari rendahnya tekanan darah. Pada hewan percobaan di laboratorium, keracunan CO terlihat dengan penurunan respon pada saraf motorik dan perubahan sel saraf tepi.
CO diketahui dapat menembus plasenta dan berdampak langsung pada janin hewan. Janin yang teracuni CO hingga 150 ppm memiliki berat janin yang lebih rendah dibandingkan dengan janin normal. Selain itu, pertumbuhannya terganggu berdasarkan hasil pengujian geotaksis.
Efek pada manusia
Seperti pada hewan, CO dalam darah manusia juga akan membentuk ikatan karboksihaemoglobin dan menurunkan kandungan oksigen dalam darah (hipoksia). Aktivitas respirasi dan sirkulasi yang tinggi di dalam darah dapat meningkatkan pembentukan karboksihaemoglobin.
Kondisi tersebut dapat ditemui saat temperatur udara meningkat, seperti saat berada di tempat tinggi, saat berolahraga, dan saat terjangkit anemia. Kondisi lain yang dapat meningkatkan risiko percepatan pembentukan karboksihaemoglobin adalah saat orang mengalami obesitas (kegemukan), hipertiroid, bronkhitis, asma, atau pecandu alkohol.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Gosselin (1984) terhadap bebe-rapa sukarelawan, menunjukkan hasil yang cukup mencengangkan. Gas CO yang terhirup sebanyak 50 ppm selama 2 jam akan menghasilkan 27% karboksihaemoglobin.
Normalnya, kadar karboksihaemoglobin sebanyak 0,4- 0,7% akan terkandung dalam darah orang dewasa. Sedangkan dalam darah seorang perokok akan terkandung karboksihaemoglobin sebanyak 4-20%. Hal ini menempatkan si perokok ke dalam jajaran orang yang berisiko tinggi mengalami keracunan CO.
Kemampuan beradaptasi terhadap paparan gas CO telah dilaporkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan The American Conference of Governmental Industrial Hygienists (1986). Orang yang terpapar CO sebanyak 44 ppm dalam periode waktu yang cukup lama tidak memperlihatkan efek yang cukup berarti. Baru pada konsentrasi CO sebanyak 50 ppm mulai menimbulkan keluhan seperti sa-kit kepala, pusing, dan mual-mual.
Menurut The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), batas maksimum kadar karboksihaemoglobin yang masih diperbolehkan (Recommended Exposure Limit/REL) berada pada kisaran 5% setelah terpapar CO dengan konsentrasi 35 ppm per 40 mg/m3 udara selama 8 jam.
Sedangkan mengenai batasan resmi, The Occupational Safety and Health Administration (OSHA) menetapkan batas maksimum atau Permissible Exposure Limit (PEL) gas CO adalah pada konsentrasi 50 ppm per 55 mg/m3 udara selama 8 jam. Batasan-batasan tersebut telah menjadi standar baku yang banyak digunakan sebagai acuan untuk membentuk sistem manajemen kerja yang aman dan sehat.
Keracunan gas CO sebenarnya dapat saja dihindari jika kita mengerti dan mematuhi rambu-rambu yang semestinya diperhatikan. Hal ini berlaku bagi semua orang yang memiliki risiko tinggi terpapar gas CO dalam jumlah banyak. Mulai dari pemilik kendaraan bermotor sampai pada pekerja yang hampir setiap harinya harus bergelut dengan CO. Jika itu dilakukan, niscaya peristiwa keracunaan CO dapat dikurangi bahkan dihindari. Nyawa pun tak perlu melayang hanya karena kelengahan kita sendiri.

2 komentar:

  1. Artikel yang menarik.
    Awas dan waspada terhadap bahaya gas CO.

    Salam sukses buat bontangkutai.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Trims ya artikelnya,
    membantu tugas kuliah saya.
    sukses.

    BalasHapus

center>

LINK SAHABAT

RADJA BONTANG TRAVEL

UMY Menuju Universitas Terbaik

RUMAH INFO

Indonesia Ku
Photobucket



uang dari internet

WWW.IPANX.INFO

Artikel Motivasi

Bersama Dakwah Islam

BALI RATIH

Dunia Optimasi

Corner Mystery

Dunia Berkarya

bunjkar.com

Learn English

Blogwallking

Emzeth

EMSAFRUD BLOG

Ruang CINTA Seorang PUGUH

Roxy Bedding

Kumpulan Tutorial Komputer

Dharma Ku Nanty

Business and Finance

First Up Gazebo

Osi Collection





NurAdik


BLOG SulthanYusuf ™

akhatam.com

RADJA BONTANG

klepeut-seputar informasi

BUDAYA KUTAI

GUNTUNG BENUA TUHA

Blog Tips Episode 2.

Full Software Collextions

Info Tips

How Are You

DOKTOR ONLINE

Caramelcoklat

Nusa'sWblog

Kebahagiaan

www.aneh81.co.cc

ngeblog sambil belajar bisnis online

galeri-info

shakespeare

[C]-TaNK

Blogger Tips and Style

Diary Osi

Alkatro Zone

My Note

Nsauottawa

DOWNLOAD GRATISAN

elyas ngeblog

Bank of Reviews

ALL IN"tUmBuH

Bayu The Maniac

Bonthain

TOKO SOUVENIR TASYA

Free Sofware Download

sciencemix

FREE DOWNLOAD On My Blog

Belajar Ngeblog

Best Baby Toys

all free java aplication

thinkpaid

Entrepreneur Competition

Lembaga Pelatihan

Blog iklan gratis

HaloCoy Lifestyle

blogging-surfer

ballpointInk

Healthy Organic Foods

PUSAT DOWNLOAD GRATIS

taktiktuk.net

Tech Corner

Learn To Change Lives

Minds that make you think

Rumah Curhat

TUTORIAL BLOGGER dan PHOTOSHOP

Farhan Blogs

orang kampung belajar ngeblog

Hockey Kaltim

hadits shahih rasul

fathuronline

Blog ilmu pengetahuan dan Teknologi

takyat

Asep on blog

Kapan Maju Blogspot

Saksi Kunci

IndobiZline

Hartohadi dot com

MYANAA BLOG

TuLisaN ByaSa

GLOBE ENCYCLOPEDIA...!!

Indonesian Tourism

INDONESIA ZONE

Information of Skin Care

Mobile Phone And Life Style

Dunia Kecilku

Sang Milyader

Seri Bahasa

GOOGLE

TIPS-TIPS MENARIK

BLOGGING IN MY STYLE

RIZKY2009 HOME

BELAJAR OTOMOTIF

ILMU_AIR

wwe-tour

Jhonshon blog

mimi-MONEYONLINE

sabirinnet

salonoyah

BRI Kantor Cabang Jakarta Veteran

GUBUK BLEKENYEK

waroengdollar

MASTERGOMASTER

purtiger computer and the surrounding

HOT REVELATION

Elsecamp

Irwan Setiawan

The twitterer

ALTI PUBLISHING INDONESIA

K-OMEGASQUA

nard4reynard

ambae.exe

TOVAZONE

Blog Ku Untuk Semua

Digital Learning

software gratis

Blog Lonely

Berita Daerah

Your Mobile Need

RUMAH BLOGGER

Kluwan.com

sekawan Media

Love Is Beauty

fedoce.co.cc

Information for women

Happy Family

SEMUANYA ADA DISINI

Wedding Fhotojournalism Destination based in bali

Goyang Karawang

aLamathuR.com

kukuruyuk.tk

Seputar Dunia Ponsel dan HP

gilly's wireless technology

TIPS DAN TRIK BLOGGER

Portabel Solar Panels

PINTU ISLAM

TechnoLedge Blog Btg

Online Therapy

Hot Hottest

Saling Berbagi

blo66ing

Love To Share

DaRa Website

Kumpulan Coretan

Brain Box

Dream Island

GadgetTrix

Qodam Narablog Nusantara

Children Creative

DHANA ARSEGA

Auto Ins Quote

ytn_music

ONESOLARMASS

Restu Catering

WWW.Financial solution

BISNIS ONLINE

Education Blog

Finance and Business

EDYWORLD

kjoed

Gudangilmu

ipanx.info

HANDPHONE

BLOG MUZIC METAL

CARTOON ANAK

GAMES INFO

JANNAH

CHORD ON BLOG

ARCHV3NTURE

BLOG PUTRA

Iklan Baris gratis tanpa daftar

GML PROJECT

universal news

pastiSOLD.com Solusi iklan baris online

TIPS DAN TRICKS

Posting Anda

TIPS-TIPS MENARIK

Best Digital Camera Guide

Ichsan

Forex Indicator

wapo kkn

Health Tips

Ikhsan Hafiyudin

SAULTSTEELERS.COM

pigvids.com

RF4BI-FIRST BLOG

Elang-Antarnusa

Internet Tutorial | Tips SEO | Tips Blogger

Impossible Is Nothing

Santai Sejenak


Baca Manga Beyond Infinity

Health Tips

Blog Cbox

REVIEWS TECHNOLOGY

Travel site

Film Komedi

Best Technology and Sofware

Hosting service

Speaker Mini

JURASSIC PARK TOYS

Kedai Obat

My World

Warna Tulisan

Suara Petualang

asemanisblog

Home Improvement Ideas

PIK Remaja "Al-Hikmah"

Tembang Lawas

HDTV



BLOG BONTANG

Belajar Seo Blog Adsense Cara Pemula

Odah Etam

LEMBAGA ADAT KUTAI GUNTUNG CITRA

ETAM GRECEK





























LOGAM MULIA ANTAM

GOLDPRICE